Belajar Membaca Indikator Exposure Pada Kamera DSLR

Belajar Membaca Indikator Exposure Pada Kamera DSLR – Memahami segala macam menu dan mode program pada kamera digital dapat membantu kita melakukan pengaturan agar mendapatkan hasil foto yang bagus sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu aspek penting yang ada pada kamera DSLR adalah Indikator Exposure. Perlunya mengetahui angka yang ditunjukkan oleh indikator exposure adalah untuk mengetahui nilai exposure yang dihasilkan oleh kamera. Dengan mengetahui cara membaca indikator exposure kamera maka Anda akan mengatahui besarnya nilai exposure yang digunakan, apakah foto tersebut dalam keadaan over exposure, under exposure, maupun netral.

Belajar Membaca Indikator Exposure Pada Kamera DSLR

Cara membaca indikator exposure kamera sangatlah mudah seperti layaknya membaca skala pada timbangan. Jika indikator exposure pada angka nol itu berarti Anda berada di titik netral, properly exposed. Jika angka berada pada -1 itu berarti berada pada underexposed 1 stop, dan jika angka berada pada +1 maka overexpsode 1 stop. Tanda minus pada indikator menunjukkan kondisi under sedangkan tanda positif menunjukkan kondisi over. Anda bisa melihat angka indikator exposure pada LCD kamera DSLR Anda. Foto dengan under exposure akan lebih gelap bila dibandingkan dengan foto over exposure. Anda bisa mendapatkan foto dengan exposure netral dengan melakukan pengaturan beberapa menu pada kamera Anda seperti menu ISO, shutter speed, dan juga aperture. Foto dengan exposure netral akan memiliki cahaya yang pas sehingga akan dihasilkan foto dengan kulaitas yang baik.

Setelah memahami cara membaca indikator exposure kamera, Anda bisa melakukan pengaturan exposure secara manual. Untuk melakukan pengaturan exposure, Anda bisa menggunakan tombol exposure compensation yang berguna untuk mengatur besarnya exposure yang Anda butuhkan. Kesalahan kamera dalam mengukur banyaknya cahaya yang dibutuhkan bisa Anda perbaiki dengan melakukan pengaturan exposure. Jika foto yang dihasilkan dalam keadaan gelap, Anda bisa menggeser angka pada indikator exposure ke arah (+) begitu pula sebalikya jika foto yang dihasilkan dalam kondisi over Anda bisa mengurangi nilai exposure ke arah (-). Dengan melakukan pengaturan exposure, Anda akan mendapatkan foto dengan komposisi exposure yang pas.