Cara Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR

Cara Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR – Salah satu cara termudah dalam belajar fotografi adalah mengetehui fungsi dan cara kerja tombol yang ada pada body kamera DSLR yang Anda miliki. Oleh karena itu sebelum belajar teknik fotografi lebih dalam, ada baiknya Anda mengotak-atik beberapa fungsi tombol ataupun menu yang ada pada kamera AndaHal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menentukan pengaturan yang pas ketika melakukan aktivitas fotografi. Ada banyak tombol pada kamera DSLR, salah satunya adalah tombol Dept Of Field Preview, DOF. Letak tombol ini yang berada tesembunyi pada bagian depan kamera di bawah lensa pastinya kurang begitu diperhatikan. Sehingga banyak fotografer pemula yang belum tahu cara menggunakan tombol dept of field preview kamera DSLR.

Cara Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR

Sebagian besar kamera DSLR modern telah memiliki tombol dept of field preview yang ukurannya sangat kecil. Fungsi dan cara menggunakan tombol dept of field preview kamera DSLR sangatlah mudah. Tombol ini berfungsi sebagai preview foto DOF yang akan Anda ambil sebelum Anda memencet tombol shutter. Jadi ketika Anda akan memotret foto dengan ketajaman pada satu titik, Anda bisa melihat previewnyad dengan memncet tombol ini sebelum Anda memencet shutter. Foto DOF yang dihasilkan adalah berupa foto yang tajam padu satu titik sedangkan bagian yang lainnya tampak kabur. Dengan menggunakan tombol ini pastinya Anda akan bisa melihat gambaran foto DOF yang dihasilkan apakah sudah pas pengaturannya apa belum.

Mengetahui cara menggunakan tombol dept of field preview kamera DSLR menjadi salah satu hal yang harus Anda pelajari. Meskipun fungsi tombol ini tidak selalu Anda pakai ketika memotret suatu objek, minimal Anda mengetahui tentang tombol ini ketika Anda akan memotret dengan aperture kamera yang besar. Jika Anda suka memotret dengan lensa yang mempunyai aperture yang besar, fungsi tombol DOF ini pastinya akan sangat membantu Anda untuk mempreview foto Anda sehingga Anda bisa mengetahui apakah pengaturan kamera Anda sudah sesuai atau belum.