Memahami Mode Metering Kamera DSLR

Mode Metering Kamera DSLR – Teknologi mode metering selalu ada pada setiap pabrikan kamera DSLR. Teknologi ini membuat kamera bisa menyesuikan cahaya yang masuk pada lensa sehingga foto yang dihasilkan memiliki exposure yang pas. Secara umum mode metering kamera DSLR hampir sama dengan mata manusia yaitu mengukur cahaya yang masuk pada lensa. Teknologi metering pada kamera DSLR bekerja dengan menganalisa tingkat gelap terang sebuah objek foto sehingga dihasilkan pengaturan shutter speed, aperture, dan ISO secara otomatis sehingga foto yang dihasilkan pas exposurenya tidak gelap dan juga tidak terlalu terang. Hadirnya teknologi metering ini sedikit banyak membantu Anda untuk memotret objek secara baik terutama bagi fotografer pemula agar hasil foto bisa bagus.

Mode Metering Kamera DSLR

Memahami mode metering kamera DSLR maka Anda akan menemukan beberapa kelemahan mode ini untuk kondisi pemotretan dengan intensitas cahaya antar objek yang berbeda. Misalnya jika Anda memotret benda dengan beberapa objek, maka metering kamera DSLR akan menghitung intensitas cahaya beberapa objek tersebut dan membaginya sehingga dihasilkan eksposure yang sesuai. Semakin banyak objek yang ada, maka akan semakin rumit kerja metering dalam menganalisa eksposure objek. Biasanya hasil analisa eksposure yang dihasilkan tidak sesuai, hasil foto akan lebih gelap karena hasil analisanya adalah hasil pembagian dari analisa cahaya beberapa objek. Berbeda halnya dengan ketika Anda hanya memotret dengan hanya satu objek, maka kerja matering akan jauh lebih pas dan maksimal.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan foto yang bagus sedangkan fungsi dan mode metering kamera DSLR sangat terbatas. Mengenali beberapa menu pada kamera DSLR yang Anda punyai menjadi kunci utama agar Anda bisa mendapatkan foto bagus dengan cara melakukan pengaturan metering pada kamera DSLR. Setiap kamera DSLR mempunyai pilihan mode metering yang bisa Anda pilih menyesuaikan pada kondisi cahaya lokasi Anda memotret. Beberapa mode metering yang ada diantaranya seperti matrix metering, center weighted metering, dan spot atau partial metering. Anda bisa memilih salah satu mode metering menyesuaikan kondisi dimana Anda memotret.