Mengenal Berbagai Mode Program Pada Kemera DSLR

Mengenal Berbagai Mode Program Pada Kemera DSLR – Cara cepat belajar fotografi adalah dengan mengenali berbagai mode program pada kamera DSLR yang Anda miliki. Dengan memahami mode program kamera DSLR yang Anda milki maka akan memudahkan Anda dalam menghasilkan foto yang bagus. Setiap merk kamera DSLR mempuyai mode program yang hampir sama hanya saja simbol dan penamaannya saja yang berbeda. Memahami fungsi dari setiap mode program DSLR maka Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kondisi pemotretan. Adanya mode tersebut sangat membantu Anda dalam melakukan pemotretan di kondisi yang berbeda-beda. Jika Anda sudah memahami fungsinya maka tidak sulit bagi Anda untuk melakukan pengaturan menu dan mode pada kamera agar mendapat setting yang pas.

Mengenal Berbagai Mode Program Pada Kemera DSLR

Belajar memahami mode program kamera DSLR, Anda harus tahu beberapa jenis mode program kamera yang ada. Pada dasarnya mode program kamera DSLR dibagi menjadi tiga bagian yaitu mode otomatis, mode semi otomatis, dan manual. Ada beberapa mode program otomatis yang sering digunakan, diantaranya seperti AUTO, Potrait, Macro, landscape, sport, dan night action. Sedangkan mode semi otomatis berupa aperture priority, shutter speed priority, dan program. Jika Anda menggunakan mode AUTO, maka settingan menu seperti ISO, shutter speed, aperture, white balance, dan fokus diatur secara otomatis oleh kamera untuk menghasilkan foto yang optimal.

Menggunakan mode portrait maka kamera secara otomatis akan memilih aperture yang besar untuk mengaburkan background dan hanya fokus pada objek atau subjek yang akan difoto. Mode ini cocok digunakan untuk jenis foto portrait. Jika Anda ingin memotret bunga, serangga, dan objek kecil lainnya, Anda bisa menggunakan mode macro. Untuk menghasilkan foto landscape yang indah Anda bisa menggunakan mode landscape. Dengan menggunakan mode ini maka kamera secara otomatis akan memilih aperture yang kecil untuk menghasilkan fokus yang lebar serta pemilihan shutter speed yang lambat. Dengan memahami mode program kamera DSLR maka Anda bisa memutuskan mode program kamera yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.