Mengenal Jenis Filter Close Up Untuk Foto Makro

Mengenal Jenis Filter Close Up Untuk Foto Makro –┬áTerdapat banyak jenis filter yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas fotografi salah satunya adalah jenis filter close up yang biasa disebut dengan diopters lens. Filter ini bekerja seperti kaca pembesar dengan kualitas tinggi sehingga Anda bisa memotret objek dengan jarak super dekat. Foto yang dihasilkan berupa foto close up atau foto makro dengan detail yang sangat tinggi. Filter close up untuk foto makro sangat mudah dipasang sama halnya seperti memasang filter pada lensa. Menggunakan filter close up ini Anda bisa menghasilkan foto makro berkualitas tinggi tanpa perlu menggunakan lensa makro yang terkenal cukup mahal.

Mengenal Jenis Filter Close Up Untuk Foto Makro

Filter close up untuk foto makro memiliki kekeuatan yang dilambangkan dengan diopter. Angka diopter yang ada pada filter tersebut berupa +1,+2,+3,+4, dan seterusnya. Makin besar angka dipoternya makin dekat jarak lensa ke objek, namun kualitas foto yang dihasilkan semakin berkurang karena penurunan kualitas optik. Hasil foto yang dihasilkan oleh lensa yang menggunakan filter close up sangat bergantung pada kualitas lensanya, jika Anda menggunakan lensa yang berkualitas bagus maka hasil fotonya akan bagus. Namun jika Anda menggunakan lensa dari pabrikan third party dengan kualitas rendah, maka kelemahan dan kejelekan lensa akan nampak pada foto yang dihasilkan. Menggunakan lensa close up untuk menghasilkan foto makro menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin memotret objek secara makro dengan menggunakan lensa biasa.

Menggunakan filter close up untuk foto makro pastinya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa menggunakan lensa biasa untuk memotret objek secara makro dengan memasang filter close up pada lensa kamera. Kekurangannya adalah foto yang dihasilkan tidak akan fokus pada seluruh bidang datar dan pinggiran foto akan terlihat soft. Solusinya Anda harus memperkecil bukaan agar fokus yang dihasilkan bisa merata. Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan filter close up pada lensa kamera, maka Anda bisa melakukan pengaturan menu pada kamera agar hasil foto makro yang dihasilkan tetap bagus dan fokus pada objek.