Mengenali Efek Moire Pattern Pada Foto

Mengenali Efek Moire Pattern Pada Foto – Menggunakan kamera DSLR untuk menangkap gambar dan momen yang kita inginkan memang menjadi pilihan yang tepat karena banyak keunggulan yang dimiliki oleh kamera DSLR ini. Namun seberapa canggihnya teknologi masih ada kelemahan yang akan ada temui salah satunya adalah ketika Anda memotret objek dengan detail berupa pola yang berulang. Pola tersebut bisa berupa garis atau titik. Kondisi diatas akan menciptakan efek yang disebut moire pattern. Untuk mengetahui apa itu moire pattern, Anda bisa menyimak penjelasan yang akan disampaikan dibawah ini.

Efek Moire Pattern Pada Foto

Moire pattern muncul karena cahaya mencapai sensor dan bagaimana cara sensor mengintepretasikan cahaya tersebut sehingga akan muncul pola tambahan yang aneh dilihat oleh mata. Karena keterbatasan kemampuan kamera dan lensa mengakibatkan efek ini sering muncul baik di rambut, baju, tangga eskalator serta objek yang lain yang mempunyai pola rapat dan berulang. Mengetahui apa itu moire pattern sangat berguna bagi Anda untuk mencegah timbulnya efek tersebut pada foto yang Anda hasilkan. Namun jika foto yang Anda hasilkan sudah terlanjur memunculkan efek moire pattern, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menghilangkan atau mengedit foto tersebut dengan menggunakan program light room. Foto dengan efek moire pattern pastinya akan sangat menganggu terutama jika efek tersebut muncul pada objek baju seperti jas yang dipakai oleh subjek yang Anda ambil fotonya.

Setelah Anda mengetahui apa itu moire pattern, Anda bisa menghindari terjadinya efek moire pattern dengan menggunakan tips sebagai berikut. Pertama-tama setelah Anda memotret segera periksa hasil foto Anda, jika foto Anda menghasilkan efek moire pattern Anda bisa mencegah dengan meggunakan pengaturan pada lensa atau kamera. Cara-cara tersebut diantaranya seperti ubah jarak atau ubah panjang focal kamera ke objek, ubah fokus ke area lain, ganti angle atau sudut pemotretan, serta gunakan bukaan kecil berkisar f/11 sampai f/16. Dengan mempraktikkan tips pengaturan kamera tersebut dapat mencegah foto yang Anda hasilkan terkena efek moire pattern yang menggangu dan mengurangi kualitas foto Anda.