Mengenali Mode Bulb Kamera Digital Beserta Fungsinya

Mengenali Mode Bulb Kamera Digital Beserta Fungsinya – Berbicara mengenai mode bulb kamera digital sangat berkaitan erat dengan pengaturan shutter speed pada kamera. Setiap kamera memiliki nilai shutter speed yang berbeda-beda, jika kecepatan shutter speed melebihi dari 30 detik maka dikatakan sebagai mode bulb. Lalu apakah fungsi dari merendahkan shutter speed menggunakan mode bulb pada foto. Membuat shutter speed selambat mungkin memang menjadi kesengajaan untuk menciptakan efek motion blur pada foto sehingga menghasilkan foto yang indah. Mode bulb dengan menggunakan shutter speed yang rendah biasa digunakan untuk memotret landscape dengan efek yang dihasilkan berupa motion blur yang halus yang semakin membuatĀ  indahnya foto landscape yang dihasilkan.

Mengenali Mode Bulb Kamera Digital Beserta Fungsinya

Teknik mode bulb kamera digital bisa digunakan untuk merekam gerakan objek dari awal sampai batas waktu bulb selesai. Anda juga bisa menggunakan teknik mode bulb untuk menghasilkan foto light painting (lukisan cahaya) yang indah. Teknik ini memotret subjek yang menggunakan benda bercahaya untuk menulis kata, nama, maupun menggambar objek. Mode bulb pada kamera juga bisa digunakan untuk menghasilkan foto pemandangan atau landscape yang indah. Menghasilkan foto landscape yang indah tidak hanya mengandalakan mode bulb saja, Anda juga membutuhkan pengaturan ISO dan juga aperture yang pas agar bisa menghasilkan foto yang indah. Menggunakan mode bulb akan menghasilkan efek blur yang halus dan sangat cocok untuk memotret foto landscape air seperti pemandangan di laut, pantai, air terjun, dan lain-lain.

Menggunakan mode bulb kamera digital maka Anda harus melakukan pengaturan kamera yang pas. Mode bulb biasa digunakan pada malam hari pada kondisi minim cahaya. Karena shutter speed yang digunakan sangat lambat, maka jumlah cahaya yang masuk ke kamera akan sangat banyak sehingga akan membuat foto cukup terang. Jika mode bulb digunakan pada siang hari maka akan menyebabkan cahaya over, oleh karena itu Anda harus melakukan pengaturan kamera yang pas dengan cara menurunkan angka ISO dan memperkecil nilai bukaan lensa kamera untuk meminimalisir cahaya yang masuk ke lensa.