Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar

Teknik Memegang Kamera Yang Baik Dan Benar – Secanggih-canggihnya kamera DSLR yang Anda miliki tetap akan menghasilkan foto yang kurang berkualitas jika Anda salah cara dalam memegang kamera. Jika posisi Anda tidak stabil selama memotret bisa jadi foto yang Anda hasilkan akan blur dan tidak fokus. Meskipun pada beberapa lensa kamera seperti lensa merk Canon sudah mempunyai fitur image stabilizer dan juga beberapa software lain yang bisa memperbaiki kondisi foto, tetap saja Anda harus mengetahui cara memegang kamera dengan benar agar memudahkan Anda dalam mengambil foto objek yang Anda inginkan. Agar lebih aman, jangan lupa kalungkan strap kamera pada leher Anda agar menghindari terjatuhnya kamera ketika Anda sedang memotret.

Banyak fotografer yang meyepelekan cara memegang kamera dengan benar dan mereka lebih suka menggunakan cara mereka sendiri. Hal ini tentunya akan memberikan efek pada foto yang dihasilkan. Selain itu jika cara Anda memegang kamera tidak benar, maka akan sangat melelahkan bagi Anda jika melakukan pemotretan dalam waktu yang lama. Dengan teknik memegang kamera yang benar maka akan memudahkan Anda dalam mengambil foto objek dan foto yang dihasilkan pun akan bagus dan fokus.

Bagi Anda fotografer pemula, alangkah baiknya jika Anda mengetahui cara memegang kamera dengan benar terutama bagi Anda yang menggunakan kameran DSLR yang mempunyai bobot yang lumayan berat. Menggunakan cara dan teknik memegang kamera yang benar akan membuat posisi tangan Anda stabil dalam memegang kamera. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Posisi kedua sikut menekan tubuh agar posisi tibih Anda lebih stabil
  • Menjadikan lengan kiri sebagai tumpuan
  • Menjadikan kedua sikut sebagai tumpuan
  • Memasang kuda-kuda agar posisi lebih stabil dan tidak goyang
  • Menjadikan kaki sebagai tumpuan saat memotret pada posisi rendah atau jongkok
  • Menggunakan benda sekitar Anda sebagai tumpuan agar lebih stabil
  • Memegang kamera pada posisi tiarap dengan menggunakan kedua sikut sebagai tumpuan